WP Direct Install Pada Host Yang Mendisable getmyuid

Tips & Tricks Jul 23, 2012

Pernah mengalami problem ketika ingin melakukan upgrade CMS WordPress atau mungkin menginstall pluginnya, tetapi Anda diharuskan untuk memasukan akun FTP Anda?

WordPress akan meminta akun FTP / SSH kita untuk menginstall jika fungsi getmyuid pada PHP di-disable. (beberapa administrator mendisable fungsi tersebut untuk alasan keamanan) Selain itu, hal yang sama akan terjadi jika kita (user yg digunakan pada HTTP server tidak memiliki wewenang untuk menambah / merubah file atau folder tertentu.)

Berikut ini trik sederhana agar kita dapat melakukan upgrade / install plugin WordPress secara langsung tanpa memasukan FTP user pada hosting yang men-disable fungsi getmyuid nya.

Pertama, mari kita lihat pada file.php yang terletak pada folder wp-admin/includes.

Kemudian gunakan fitur pencarian untuk menemukan kata 'getmyuid'. ( pada guide kali ini ada di line 846 )

Disana terlihat bahwa jika fungsi tersebut tidak ada / didisable, maka WordPress akan menggunakan metode upload via FTP. Yang kita butuhkan hanyalah menambahkan sedikit konfigurasi pada wp-config.php yaitu sebagai berikut :

if ( !defined('FS_METHOD') ) define('FS_METHOD', 'direct');

kemudian save konfigurasi dan selesai.

NB :
1.Pada nilai konstan FS_METHOD harus bernilai direct / ssh / ftpext / ftpsockets
2. Cara ini tidak berlaku jika user HTTP server tidak memiliki wewenang untuk menambah / merubah file atau folder tertentu.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.