Pernah mengalami problem ketika ingin melakukan upgrade CMS WordPress atau mungkin menginstall pluginnya, tetapi Anda diharuskan untuk memasukan akun FTP Anda?

WordPress akan meminta akun FTP / SSH kita untuk menginstall jika fungsi getmyuid pada PHP di-disable. (beberapa administrator mendisable fungsi tersebut untuk alasan keamanan) Selain itu, hal yang sama akan terjadi jika kita (user yg digunakan pada HTTP server tidak memiliki wewenang untuk menambah / merubah file atau folder tertentu.)

Berikut ini trik sederhana agar kita dapat melakukan upgrade / install plugin WordPress secara langsung tanpa memasukan FTP user pada hosting yang men-disable fungsi getmyuid nya.

Pertama, mari kita lihat pada file.php yang terletak pada folder wp-admin/includes.

Kemudian gunakan fitur pencarian untuk menemukan kata 'getmyuid'. ( pada guide kali ini ada di line 846 )

Disana terlihat bahwa jika fungsi tersebut tidak ada / didisable, maka WordPress akan menggunakan metode upload via FTP. Yang kita butuhkan hanyalah menambahkan sedikit konfigurasi pada wp-config.php yaitu sebagai berikut :

if ( !defined('FS_METHOD') ) define('FS_METHOD', 'direct');

kemudian save konfigurasi dan selesai.

NB :
1.Pada nilai konstan FS_METHOD harus bernilai direct / ssh / ftpext / ftpsockets
2. Cara ini tidak berlaku jika user HTTP server tidak memiliki wewenang untuk menambah / merubah file atau folder tertentu.