Belakangan ini ane liat di facebook, forum2, dan beberapa situs sosial media sedang marak adanya #op[a-z]. Terutama #opUN atau #opUAN yang mentargetkan situs2 .SCH.ID dan meninggalkan pesan yang intinya tidak setuju dengan adanya UAN.

Contohnya seperti pesan berikut:

BAPAK PENGEN NINGKATIN MUTU PENDIDIKAN DENGAN UN ? BUKAN BEGITU CARANYA

UN HANYA ADA DI INDONESIA DAN HANYA DI INDONESIA , SETELAH 12 TAHUN DUDUK ,MENCORETI RIBUAN LEMBAR KOSONG ,BAPAK HANYA MELIHAT 4 HARI UNTUK 12 TAHUN , Festival Kami akan terus kami mulai jika peraturan ini makin labil dan membunuh kami ,INGAT PAK SEMUA SISWA PUNYA KEMAMPUAN YG TIDAK SAMA , Beri Kami Keadilan

GREETZ : SEMUA YANG MERAYAKAN FESTIVAL INI !!!

Brooooooo, Kalau mau protes memang harus begitu juga caranya? Deface situs yang notabenenya adalah situs pendidikan dan hanya menjalankan "titah dari kaisar"? Bahkan situs2 bimbingan belajar dan situs2 lain yang sama sekali tidak ada hubungannya ikuut menjadi target. Apa ya nggak salah sasaran? Ingat, ga semua sekolah mampu untuk membayar seorang admin yang sudah terbiasa mengurusi masalah server dan website. Kebanyakan mereka memperkerjakan guru atau bahkan siswanya sendiri untuk mengurusi situs tersebut, bahkan tanpa digaji. bahkan beberapa pesan yang ditinggalkan attacket cenderung menghina sang admin dengan kata-kata seperti orang yang kurang berpendidikan.

Oke lah ente boleh bilang nasib 12 tahun duduk di bangku sekolah hanya ditentukan dari 4 hari ujian nasional memang sepertinya terdengar "tidak adil". Gue bukan orang yang religius dan taat beragama. Tapi coba pikir tentang ini : Apakah adil kalau setelah kita hidup bertahun-tahun di dunia, kemudian "hidup" kita setelah kematian hanya ditentukan di 1 hari pengadilan? Mau bilang kalau Tuhan tidak adil? jangan pernah bilang kalau hidup itu tidak adil, mungkin justru kita sendiri yang berbuat tidak adil terhadap diri kita sendiri.

Bersyukurlah karena kita masih diberi kesempatan untuk duduk di bangku sekolah, banyak lho anak-anak di luar sana yang ingin sekolah tapi tidak bisa sekolah karena harus bekerja di usia dini untuk membantu orang tua / hanya untuk bertahan hidup.

Hidup itu perjuangan bro, hidup itu persaingan. Kapan mau maju kalau belum mencoba sudah mundur duluan?

Those who try nothing: does nothing, has nothing and it's nothing. Life wouldn't be easier, it's harder every time, time to be stronger. When life is tough, we tought to be tougher.

Ane harap uneg2 ane bisa di terima temen2 di DC ga ikut2 melakukan deface ke situs2 pendidikan. Yang sudah terlanjur melakukannya ane mohon untuk STOP deface situs2 pendidikan.