Mengenai job desk Programmer, NOC Engineer dan System Administrator berdasarkan tingkatan-tingkatan-nya. Dan mungkin juga sedikit menjawab misteri dari seorang hacker.

Serta mungkin juga sedikit menjawab misteri dari kata "hacker" karena mindset kata hacker di masyarakat terkesan buruk atau seorang perusak.

Semoga dapat membantu bagi Anda yang belum mengerti/tau job desk masing-masing.

1. Programmer

Atau Coder, yaitu seorang yang menulis/menciptakan perangkat lunak untuk pada komputer. Tiap bahasa pemrograman memiliki keterbatasan, kelebihan dan kekurangan-nya masing-masing. Bahasa yang berbeda biasanya digunakan untuk tugas yang berbeda pula. Sebagai contoh: HTML, PHP, ASP, JSP, JavaScript biasanya digunakan untuk website programming. C, C+ +, Java, Python, Perl biasanya digunakan untuk membuat program yang dapat dieksekusi, atau mungkin berupa program CLI. Untuk benar-benar menguasai 1 bahasa program dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.

2. NOC Engineer

NOC engineer melakukan berbagai tugas seperti mengkonfigurasi dan mengelola router, menangani masalah yang ada pada jaringan komputer dan memastikan bahwa media yang ditransmisikan melalui jaringan berfungsi dengan baik, NOC engineer harus memahami konsep TCP/IP, terminologi jaringan seperti seperti LAN, MAN, WAN dan teknologi jaringan seperti fungsi NIC, modem, dan hub. Mereka juga mengetahui karakteristik dari switch, repeater, bridge, gateway dan router.

3. SysAdmin

Seorang SysAdmin/Sistem Administrator bertugas dan bertanggung jawab instalasi/konfigurasi, mengoperasikan, dan memaintenance sistem baik software dan maupun hardware serta infrastruktur terkait lainnya. Ia melakukan pemantauan sistem secara harian, memverifikasi integritas dan ketersediaan sumber daya hardware, sumber daya server, meninjau log sistem dan aplikasi, juga melakukan backup. Melakukan patching OS dan melakukan upgrade secara teratur. Melakukan konfigurasi ulang/menambahkan atau menghapus sebuah service/daemon baru yang diperlukan.

4. Advanced (Network?) Programmer

Kemampuan point pertama ditambah dengan point ke 2.

Ia mampu mengimplementasikan bahasa pemrograman dengan konsep dasar jaringan serta tau bagaimana berkomunikasi dengan dua mesin / lebih menggunakan protokol TCP/IP dan UDP/IP yang digunakan untuk mengimplementasikan server dan klien.

Contoh logic :

Main()
	Create a socket ("server socket")
	Bind server socket to "well known port"
	"Listen" on server socket (activate so can be used for client)
	forever do
		newDataSocket = accept(server socket, ...)
		handleClient(newDataSocket)
		close newDataSocket

handleClient(datastream)
	forever do
		command = read from datastream
		If(read-error or command==quit) then break
		Process command and generate response
		Write response to datastream
*dan seterusnya

5. Advanced SysAdmin

Kemampuan poin pertama ditambah dengan kemampuan poin ke-3.

Ia mampu mengkonfigurasi dan implementasi server seperti FTP server, web server, DNS server, mail server, proxy server, database server, dengan aplikasi end user.

6. Advanced NOC Engineer

Kemampuan poin ke-2 ditambah dengan kemampuan point ke-3.

Menguasai TCP/IP dan UDP/IP sehingga konfigurasi server yang ia tangani cenderung lebih baik dan optimal saat terjadi serangan pada layer network seperti ICMP, Smurf, SYN/ACK, ARP, dll.

7. Hacker

Kemampuan poin pertama ditambah dengan kemampuan poin ke-2 ditambah dengan kemampuan poin ke-3.

Jadi mereka BUKAN orang yang hanya mengeksekusi program/exploit "siap pakai" yang didapat dari internet dan menimbulkan kerusakan besar, mereka BUKAN orang yang tanpa berfikir dan hanya ingin terlihat keren di depan teman-temannya.

Mereka adalah orang-orang yang membuat dunia IT bergerak, orang-orang yang menemukan hal-hal baru, mendapatkan protokol baru bekerja, memperbaiki bug yang mereka temukan dalam sebuah sistem.

Tulisan ini diposting juga di http://devilzc0de.org/forum/thread-11725.html